[Panduan Lengkap] Menghasilkan Uang dari Blog

0Shares

 Bismillahirrahmanirrahim. Assalamu’alaikum warahmatullah wabarakatuh. 

Sudah menjadi rahasia umum para bloger bahwa kita bisa menghasilkan uang dari blog. Bahkan saya yakin, ada banyak diantara Sahabat yang ingin belajar ngeblog karena terobsesi dengan uang. Bagaimana tidak, memang pada faktanya sudah banyak bloger yang berhasil memperkaya diri hanya karena blog.

Meski begitu, ada satu hal yang perlu catat: berusaha menghasilkan uang dari blog sama dengan berusaha menghasilkan uang dari bidang usaha lainnya. Kita ambil pengusaha kue sebagai contoh. Semua orang sudah tau bahwa dengan berwirausaha membuat dan menjual kue, kita bisa menghasilkan uang bahkan bisa memperkaya diri. Tapi kenyataannya tidak semua orang bisa mewujudkannya, perlu pengalaman, keterampilan, dan strategi yang baik agar semua itu bisa terwujud sesuai dengan apa yang diharapkan.

Cara Menghasilkan Uang dari Blog Paling Populer

Ada dua metode untuk bisa menghasilkan uang dari blog yang banyak diketahui oleh masyarakat dan sudah terbukti dapat menghasilkan.

Metode Pertama: Monetisasi Langsung Konten Blog

Metode monetisasi langsung konten adalah yang terpopuler di kalangan blog saat ini. Dengan metode monetisasi konten secara langsung, kita bisa menghasilkan uang dari konten blog yang ada atau dengan berusaha menciptakan konten sedemikian rupa.

Ada beberapa cara menghasilkan uang yang tergabung dalam metode ini.

Cara 1: Memasang Iklan

Cara pertama ini adalah cara yang paling favorit dilakukan oleh bloger. Cukup dengan memasang iklan di salah satu bagian blog, Sahabat bisa mendapat penghasilan yang cukup menggiurkan. Ada dua metode pemasangan iklan yang dapat Sahabat lakukan.

Pertama, mengikuti program jaringan periklanan.

Sebenarnya ada banyak sekali jaringan periklanan yang bisa Sahabat pilih. Namun, untuk saat ini, Google Adsense lah jaringan periklanan yang sedang digandrungi dan terbukti kredibilitasnya. Cara mengikuti program jaringan periklanan terbilang sangat mudah:

  1. Pastikan blog Sahabat telah pantas untuk didaftarkan (pengunjung banyak, konten berkualitas, dan diperbaharui secara berkala).
  2. Daftarkan blog (permohonan keikutsertaan salah satu program jaringan periklanan).
  3. Pihak jaringan periklanan akan meninjau blog Sahabat
  4. Pihak jaringan periklanan akan mengirimkan pengumuman diterima atau tidaknya.

Apabila diterima, Sahabat dapat langsung memasang iklan yang tersedia di blog Sahabat. Cara kerjanya, Sahabat akan dibayar oleh pihak jaringan periklanan pada setiap klik iklan yang dilakukan oleh pengunjung blog Sahabat. Untuk Google Adsense sendiri hasil yang akan didapat terbilang cukup menarik, jika Sahabat beruntung, Sahabat bisa mendapat Rp1.500 dari hanya satu klik iklan saja. Bayangkan, jika satu hari ada 1000 orang yang mengklik iklan di blog Sahabat. Mantap bukan?

Baca: Cara Daftar Google Adsense untuk Bloger

Kedua, menawarkan kolom iklan berbayar.

Tidak berbeda jauh dengan mengikuti program jaringan periklanan. Hanya saja pada cara kedua ini, Sahabat tidak mendaftar pada program periklanan apapun, namun mencari sendiri pihak yang ingin memasang iklannya di blog Sahabat. Sepengetahuan saya sendiri, biasanya para bloger mematok harga Rp300.000 s.d. Rp.500.000 per bulan untuk pemasangan iklan di blog dengan jumlah pengunjung sebanyak 100.000 per bulan.

Cara kedua ini bisa saja lebih baik ketimbang mengikuti program jaringan periklanan, karena penghasilan yang akan didapat cenderung stabil setiap bulannya dengan syarat Sahabat selalu berhasil mendapat pihak yang ingin memasang iklannya di blog Sahabat.

Cara 2: Mengikuti Program Afiliasi

 

Cara 3: Menyediakan Program Membership

 

Cara 4: Menjual Blog

Metode Kedua: Menjual Kemampuan, Blog sebagai Perantara

Cara 1: Jasa Review Produk

Cara 2: Menjual Barang Lewat Blog

Cara 3: Menjual Jasa Lainnya

 

 Segala puji bagi Allah. Assalamu’alaikum warahmatullah wabarakatuh

Keterangan

Gambar fitur: freepik.com

0Shares

Muhammad Fadillah Arsa

Founder. Bloger Bandung. Saat ini sedang mengenyam pendidikan di Program Studi S1 Teknik Informatika Universitas Padjadjaran. Selengkapnya di www.fadillaharsa.id