[Penyebutan yang Benar] Blogger atau Bloger?

0Shares

 Bismillahirrahmanirrahim. Assalamu’alaikum warahmatullah wabarakatuh. 

Ekosistem bloger Indonesia sudah terlanjur berkembang dengan pesat, sedangkan Bloger Indonesia baru bisa hadir di tahun ini (2018). Yap, kedatangan Bloger Indonesia di kancah perblogeran Indonesia mungkin sedikit menimbulkan sedikit keheranan dari bloger semua. Mungkin hampir 80 persen pembaca web Bloger Indonesia merasa terheran dengan penulisan ‘bloger’ .

Hmm, kenapa penyebutannya enggak ‘blogger’?

Sebelum saya bahas, saya tebak ada beberapa pikiran yang terlintas di pikiran Sahabat ketika membaca kata ‘bloger’ di web ini.

  1. Sahabat mengira pendiri web ini kehabisan domain dengan nama bloggerindonesia[dot]com.
  2. Sahabat mengira pendiri web ini salah ketik nama domain saat membeli domain.
  3. Sahabat mengira pendiri web ini gak tau penulisan yang tepat.
  4. Sahabat mengetahui kalau penulisan yang benar adalah ‘bloger’ bukan ‘blogger’, dan Sahabat bangga dengan Bloger Indonesia.

Hmm, dari pikiran-pikiran di atas, kira-kira yang mana yang benar?

Bloger Versus Blogger

Kalau kita adukan penggunaan kata bloger dengan blogger pada kiriman blog berbahasa Indonesia. Tentu saya menyadari bahwa penggunaan kata ‘bloger’ kalah telak. Kira-kira tidak lebih dari 20 persen bloger yang menggunakan kata ‘bloger’ ketimbang ‘blogger’.

Yap, kata ‘blogger’ lebih berkuasa.

Sekarang, Bloger Indonesia adalah Guru Kalian

Sejak pendiriannya di bulan Juni 2018, Bloger Indonesia telah saya niatkan dan akan saya perjuangkan untuk menjadi media pembelajaran ngeblog terbesar di Indonesia. Saya ingin membuat branding, untuk mereka yang menguasai bahasa Inggris dan ingin belajar ngeblog, sumbernya sudah banyak beredar di internet, sedangkan untuk mereka yang kurang paham bahasa Inggris dan ingin belajar ngeblog, sumbernya ya Bloger Indonesia.

Dan pada faktanya, alhamdulillah banget, kunjungan Sahabat ke tulisan ini telah membuktikan bahwa saat ini Bloger Indonesia adalah web pembelajaran ngeblog terbaik di Indonesia. Aamiin.

Nah, dikarenakan sekarang Sahabat sedang ingin belajar ngeblog cepat dengan Bloger Indonesia. Maka saya sarankan agar Sahabat menjadikan Bloger Indonesia sebagai guru dan juga sebagai panutan. Segala kebenaran yang disampaikan di blog ini harus Sahabat ikuti. Demi memajukan ekosistem perblogeran Indonesia guys 🙂 .

Setuju?

‘Blogger’ adalah Bahasa Inggris

Bahasa Inggris memang telah merasuki segenap jiwa dan seluruh bidang kehidupan di dunia ini, termasuk dunia perblogeran. Oleh karenanya, hampir semua orang di dunia lebih menyukai menggunakan istilah berbahasa inggris ketimbang bahasa negaranya sendiri.

Yap, kata ‘blogger’ merupakan kosakata bahasa Inggris. Hampir seluruh bloger di seluruh dunia menggunakan istilah ini ketika menyebut pelaku pengguna blog *mungkin, hehe. Termasuk para bloger di Indonesia.

‘Bloger’ adalah Bahasa Kamu

Bloge Indonesia sebagai media yang ingin menegakkan nilai-nilai sumpah pemuda 28 oktober dan yang senantiasa mengajari Sahabat ngeblog yang benar (weiss, udah kece ga?) ingin memberitahukan kalau dalam bahasa Indonesia kata ‘blogger’ telah diserap menjadi kata ‘bloger’.

Saya ulangi lagi:

kata ‘blogger’ telah diserap ke dalam bahasa Indonesia menjadi kata ‘bloger’.

Adapun sebagai bukti, Sahabat bisa membuka Kamus Besar Bahasa Indonesia versi terbaru. Dan untuk Sahabat yang malas membukanya, saya lampirkan screen shotnya.

Saya hanya ingin mengajak Sahabat Bloger semua, mulai saat ini saya mohon pergunakan kata ‘bloger’ untuk menggantikan kata ‘blogger’ selama Sahabat menulis tulisan dalam bahasa Indonesia.

Untuk Kamu yang Menganggap Kata ‘Bloger’ dan ‘Blogger’ Sama Saja

Satu kata untukmu: please….

 Segala puji bagi Allah. Assalamu’alaikum warahmatullah wabarakatuh

Keterangan

Gambar fitur: freepik.com


Kalau Sahabat lebih suka dipanggil ‘bloger’ atau ‘blogger’? Tulis jawabanmu di kolom komentar 🙂 .

0Shares

Muhammad Fadillah Arsa

Founder. Bloger Bandung. Saat ini sedang mengenyam pendidikan di Program Studi S1 Teknik Informatika Universitas Padjadjaran. Selengkapnya di www.fadillaharsa.id

Mungkin Anda juga menyukai