Tips Membuat Konten Blog yang Baik

0Shares

Percayalah, kehebatan seorang bloger ditentukan oleh kualitas konten yang ia hasilkan. Semakin baik konten yang dihasilkan, maka semakin hebatlah seorang bloger. Maka tidak salah kalau Sahabat bisa melihat ada banyak bloger yang berhasil menciptakan konten berkualitas akan mendapat banyak keuntungan yang sesuai dengan tujuan ngeblog yang ia harapkan sebelumnya.

Sebenarnya, tolak ukur baik tidaknya sebuah konten blog tidak dilihat dari satu aspek pandangan saja. Bisa jadi, konten yang kita anggap jelek dari hal penampilan karena hanya berisi teks saja adalah konten yang baik dalam hal performa SEO atau keberadaan pada mesin penelusuran. Namun, pada tulisan ini saya akan menggeneralisasi konten blog yang baik adalah konten blog yang dapat memanjakan para pembacanya secara umum dari semua kalangan.

Hmm, kira-kira konten yang baik itu seperti apa ya? Yuk kita cari tahu!

Tampilan Blognya Rapi dan Indah

Konten yang baik mesti ditunjang oleh penampilan blog yang rapi dan indah. Tampilan blog bisa diibaratkan fondasi kokoh untuk menunjang konten yang baik. Tanpa adanya fondasi itu, maka sia-sialah semua yang Sahabat lakukan untuk meningkatkan kualitas konten blog Sahabat.

Ada aspek yang perlu Sahabat perhatikan untuk membuat blog dapat tampil rapi dan indah.

Pertama, Font yang Mudah Dibaca

Tidak jarang, ada banyak bloger yang menggunakan font kriwil kriwil di blognya. Akibatnya, tulisan menjadi sulit dan tidak nyaman untuk dibaca. Pergunakanlah font bertipe sans atau sejenisnya yang mudah dibaca oleh semua umur.

Coba Sahabat bandingkan kedua gambar di atas, font mana yang tampak baik untuk Sahabat pergunakan? Tentu font yang kedua kan?

Kedua, Ukuran Font yang Pas

Menurut saya, ukuran font yang pas adalah 12pt sampai dengan 16pt. Kurang dari itu, tulisan akan terasa kecil dan menyulitkan beberapa kalangan usia. Dan lebih dari itu, blog juga tidak nyaman dibaca, apalagi pada perangkat desktop lawas dengan resolusi yang tidak terlalu besar.

Ketiga, Warna Blog yang Menyejukkan

Sebaiknya pergunakan warna dominan blog yang nyaman dilihat. Biasanya, warna-warna yang nyaman dilihat adalah warna yang lebih gelap atau warna dengan kontras pencahayaan yang tidak terlalu tinggi. Pada gambar bisa dilihat bukan, baris warna atas lebih enak dilihat ketimbang baris warna bawah.

Pun selain memberikan kenyamanan pada para pembaca, penggunaan warna yang pas juga dapat membantu mempercantik blog Sahabat.

Keempat, Layout yang Tertata

 

Menggunakan Tema Terbaik bisa Merangkum Semuanya

Untuk membenahi blog Sahabat agar sesuai dengan kriteria-kriteria penampilan blog yang baik dan indah, sebenarnya Sahabat tidak melulu harus melakukan pengaturan-pengaturan itu semua secara mandiri. Sahabat bisa menggunakan tema blog terbaik yang telah memenuhi semua kriteria di atas.

Kabar baiknya,di Bloger Indonesia ini Sahabat dapat melihat dan memilih tema-tema blog terbaik yang kami sediakan dengan percuma. Sahabat dapat mengaksesnya melalui menu navigasi melayang: Free Resources.

Tulisannya Enak Dibaca

 

Pembahasan Terurut

 

Menampilkan Konten Visual Kekinian

 

Memiliki Kolom Komentar yang Terbuka dan Tombol Berbagi

 

Keterangan

Gambar fitur: freepik.com

0Shares

Muhammad Fadillah Arsa

Founder. Bloger Bandung. Saat ini sedang mengenyam pendidikan di Program Studi S1 Teknik Informatika Universitas Padjadjaran. Selengkapnya di www.fadillaharsa.id

Mungkin Anda juga menyukai