Tips Mengikuti dan Memenangkan Lomba Blog

0Shares

 Bismillahirrahmanirrahim. Assalamu’alaikum warahmatullah wabarakatuh. 

Sejak tahun 2014, lomba ngeblog mulai tenar di kalangan bloger. Lomba bloger mempertandingkan kemampuan para bloger membuat konten yang sesuai dengan keinginan penyelenggara lomba. Saat ini, seminimalnya ada lima lomba blog per bulannya. Sedangkan pada bulan-bulan libur seperti akhir tahun dan kisaran bulan juni s.d. juli, Sahabat bisa menemukan sepuluh sampai dengan dua puluh lomba blog yang tersedia.

Dengan banyaknya lomba blog ini, saya menyadari bahwa ekosistem bloger semakin hari semakin baik saja. Mengingat dengan adanya lomba blog ini, pengetahuan para bloger tentang pembuatan konten blog yang baik semakin meningkat. Karena biasanya bloger yang belum beruntung akan belajar meniru proses pembuatan konten dari para pemenang.

Jenis-Jenis Lomba Blog

Secara umum, lomba blog terdiri dari empat jenis lomba. Keempat jenis lomba ini memiliki konsep dan target pencapaian lomba yang berbeda satu sama lainnya. Berikut saya paparkan.

Lomba Menulis Review Produk

Jenis lomba blog yang paling banyak bermunculan adalah lomba menulis review suatu produk. Sudah jelas, lomba jenis ini diselenggarakan oleh pengusaha/perusahaan pemilik produk yang menginginkan produknya semakin lebih dikenal oleh masyarakat luas.

Konsep perlombaannya, bloger diminta untuk mengulas/mereview produk mereka dengan konten semenarik mungkin dengan tema tertentu. Penyelenggara menyediakan sumber-sumber informasi sebagai referensi utama bagi bloger untuk membuat konten.

Sampai saat saya menulis tulisan ini, lomba menulis review yang paling banyak pendaftarnya adalah lomba blog dari ASUS Indonesia. Biasanya setiap mereka mengeluarkan produk laptop baru, dua bulan setelahnya mereka akan mengadakan lomba review. Wkwk, gimana mau gak banyak pendaftarnya, wong hadiahnya laptop. Biasanya sih total hadiahnya sampai tiga puluh juta dalam bentuk laptop.

> Tips Khusus

Ada beberapa tips khusus yang perlu Sahabat lakukan apabila Sahabat mengikuti lomba jenis ini:

  1. Usahakan tulisan blog yang Sahabat buat memuat informasi produk secara lengkap dan jelas.
  2. Upayakan semaksimal mungkin tulisan yang dibuat dapat memengaruhi pembaca.
  3. Lampirkan gambar atau vidio pada tulisan. Gambar yang dilampirkan dapat berupa foto produk ataupun infografis.
  4. Beri paragraf kesimpulan yang berisi ajakan untuk menggunakan produk.
  5. Ajak kawan-kawanmu untuk membaca dan menanggapi. Biasanya, keberadaan komentar yang atraktif menyambut baik review Sahabat dapat memberikan nilai tambah.
Lomba Menulis Pengalaman

Lomba menulis pengalaman biasanya diselenggarakan oleh salah satu kementrian atau badan kenegaraan. Sebagai contoh BPOM pernah menyelenggarakan lomba menulis pengalaman memilih bahan pangan yang baik untuk dikonsumsi selama lebaran. Lomba semacam ini mereka giatkan untuk mengajak masyarakat luas untuk melakukan hal-hal baik sebagai bagian dari kampanye pembangunan sumber daya manusia.

Namun tidak menutup kemungkinan perusahaan swasta akan menyelenggarakan lomba semacam ini. Sebut saja Telkomsel dan Penyedia Tempat Wisata juga pernah menyelenggarakan lomba menulis pengalaman.

> Tips Khusus

Ada beberapa tips khusus yang perlu Sahabat lakukan apabila Sahabat ingin/sedang mengikuti lomba jenis ini:

  1. Usahakan selalu mengambil foto ketika Sahabat melakukan perjalanan wisata, mudik, atau melakukan hal-hal informatif. Karena terkadang, foto-foto tersebut akan dibutuhkan untuk membuat konten.
  2. Perbanyak konten ‘bercerita’ dengan subjek Sahabat sendiri.
  3. Lampirkan foto-foto yang sesuai. Tambahkan keterangan seperlunya pada gambar tersebut.
  4. Apabila Sahabat menggunakan suatu objek dalam pengalaman tersebut (*misal menggunakan wahana wisata dan menggunakan barang tertentu), berikan sedikit ulasan mengenai objek tersebut. Ajak pembaca agar terobsesi untuk melakukan hal yang sama.
  5. Beri paragraf kesimpulan yang menyatakan perasaan Sahabat setelah melakukan pengalaman tersebut.
Lomba Search Engine Optimized (SEO)

Jenis lomba blog yang ketiga adalah lomba Search Engine Optimized atau biasa orang menyebutnya dengan lomba SEO. Lomba ini jauh-jauh lebih menantang ketimbang lomba-lomba lainnya.

Kenapa?

Karena tidak semua bloger akan mampu menaklukannya. Untuk bisa memenangkan lomba SEO ini, bloger harus menguasai teknik-teknik SEO, yakni teknik yang dilakukan agar pos blog yang dibuat bisa bercokol di ranking satu pencarian Google dengan kata kunci yang diperlombakan.

Teknik SEO secara sederhana adalah teknik menulis pos yang sesuai dengan kriteria pencarian Google. Karena pada dasarnya, dengan menulis pos blog yang baik, maka pengunjung akan banyak berdatangan mengunjungi pos tersebut. Akibatnya, pos akan bercokol di rangking satu pencarian Google, atau setidaknya di halaman pertama.

Sedangkan teknik SEO secara kompleks adalah teknik yang melibatkan banyak aspek mulai dari tulisan, penggunaan tema blog, optimasi pencarian di seach engine, penggunaan SSL, penggunaan teknik-teknik koding, pencarian backlink, dan lain sebagainya. Tentu, dengan menggunakan teknik SEO secara kompleks ini, pos blog akan jauh lebih cepat untuk merangsek naik, dan pastinya akan sulit terkalahkan.

Adapun teknisnya, penyelenggara akan memberikan referensi sumber tulisan dan kata kunci pencarian yang diperlombakan. Bloger harus pandai-pandai membuat konten dan melakukan teknik SEO untuk membuat pos blog yang ia tulis bisa bercokol di rangking satu pencarian search engine (*biasanya menggunakan Google). Bloger diperbolehkan menggunakan berbagai teknik SEO kecuali teknik BlackHat SEO (*teknik SEO terlarang) dan juga menggunakan jasa publisher iklan untuk mencari pengunjung.

Susah ya ikutan lomba SEO?

Memang susah bin sulit. Tapi tenang, biasanya penyelenggara lomba SEO ini memberikan total hadiah yang fantastis. Juara pertama lomba SEO biasanya akan diberikan hadiah uang tunai di kisaran delapan juta rupiah. Total hadianya sendiri bisa sampai tiga puluh juta rupiah, tergantung kemampuan si penyelenggara.

> Tips Khusus

Ada beberapa tips khusus yang perlu Sahabat lakukan apabila Sahabat mengikuti lomba jenis ini:

  1. Pelajari teknik-teknik SEO terbaru. Karena biasanya search engine selalu mengupdate algoritma pencariannya sesuai dengan perkembangan zaman. Otomatis, teknik SEO pun harus menyesuaikan.
  2. Usahakan pos yang diikutsertakan dipublish di blog dengan jumlah pengunjung yang banyak. Dengan itu, Sahabat bisa meminta pembaca blog Sahabat untuk membuka pos yang diperlombakan. Cara ini cukup efektif untuk mendongkrak rank pencarian juga loh.
  3. Pastikan penyelenggara lomba kredibel. Karena terkadang ada saja penyelenggara lomba SEO bodong yang tiba-tiba menutup lombanya sesaat sebelum periode penutupan lomba.
Lomba Menulis Artikel Ilmiah dan Sastra

Jenis lomba menulis artikel ilmiah dan sastra terbilang sedikit jumlahnya, hanya ada satu sampai tiga kali saja per tahunnya. Pada lomba blog jenis ini, Sahabat hanya perlu memublikasi artikel ilmiah atau karya sastra semisal puisi dan cerpen hasil karya Sahabat di blog. Mudah kan?

Lomba blog dengan jenis ini biasanya diselenggarakan oleh komunitas sastra atau termasuk dalam bagian kegiatan ilmiah. Mereka mengharapkan dengan adanya kewajiban memublikasi karya di blog dapat membuat karya dan opini yang dibuat oleh peserta dapat tersebar luas di masyarakat.

Untuk penilaiannya sendiri, biasanya penyelenggara hanya akan menilai dari kualitas konten dan juga jumlah tanggapan pengunjung blog. Penyelenggara tidak menilai kualitas blog dalam segi keaktifan ataupun penyajian konten.

Tips dan Trik Memenangkan Lomba Blog

Gimana sih caranya supaya bisa memenangkan lomba blog? Adakah tips triknya?

Sebenarnya, untuk bisa memenangkan lomba blog, Sahabat hanya perlu memiliki kemampuan untuk bisa membuat konten yang sesuai dengan keinginan juri. Dan tentu, kemampuan itu akan didapat dari pengalaman selama Sahabat aktif ngeblog.

Meski begitu, ada beberapa tips dan trik yang ingin saya sampaikan (selain tips khusus yang telah saya berikan) dalam rangka tujuan memenangkan lomba blog ini. Yuk disimak.

Membuat Tampilan Blog Menarik

Pastikan tampilan blog Sahabat menarik seperti halnya blog ini hihi. Salah satu cara untuk membuat tampilan blog menjadi menarik adalah Sahabat perlu memilih tema blog yang rapi dan menarik. Karena bagi saya, tema blog adalah kunci utama menariknya sebuah blog.

Memperluas Jaringan Pembaca

Perluas jaringan pembaca blog Sahabat agar setiap pos blog yang Sahabat buat ada yang mengomentari.

Caranya?

Blog walking, masuk forum bloger, konsisten dalam menulis konten berkualitas, aktif di sosial media, serta memperbanyak berbagi tautan adalah sebagian caranya.

Melampirkan Foto/Gambar yang Menarik

Ini nih yang perlu Sahabat perhatikan. Hampir semua penyelenggara lomba blog tidak akan memilih peserta dengan tulisan hambar tanpa gambar sebagai pemenangnya. Tak ayal, bloger yang memiliki kemampuan olah foto dan desain grafis yang baik biasanya selalu terpilih menjadi pemenang.

Melampirkan Vlog

Kalau mau sih, Sahabat bisa melampirkan vlog di awal tulisan sebagai pembuka, atau di akhir tulisan yang berisikan pendapat.

Jangan Menulis Terlalu Pendek

Terkadang saya sering heran, banyak bloger yang ingin menjadi juara ngeblog, tapi tulisannya cuma seempret. Percayalah, tulisan 300 kata itu terlalu pendek untuk menjadi tulisan sang juara 🙂 .

Lihat Blog Para Juara

Yang biasa saya lakukan untuk meningkatkan kemampuan ngeblog saya, sekaligus menjadi jalan pintas untuk bisa menjadi sang juara secepat kilat adalah selalu melihat blog para juara sebelumnya. Dengan melihat blog para juara sebelumnya, Sahabat akan terbiasa membaca konten berkualitas. Akibatnya, secara tidak langsung Sahabat akan mengetahui ‘seperti apa tulisan blog yang baik’.

Cari dan Ikuti Lomba Blog Sekarang Juga!

Tertarik untuk mengikuti lomba blog? Yuk cari dan ikuti lomba blog sekarang juga!

Oh ya, Sahabat juga dapat melihat daftar lomba blog per bulan di Bloger Indonesia dengan cara membuka menu Lomba Ngeblog pada menu navigasi bagian atas. Tetap semangat!

 Segala puji bagi Allah. Assalamu’alaikum warahmatullah wabarakatuh

Keterangan

Gambar fitur: freepik.com

0Shares

Muhammad Fadillah Arsa

Founder. Bloger Bandung. Saat ini sedang mengenyam pendidikan di Program Studi S1 Teknik Informatika Universitas Padjadjaran. Selengkapnya di www.fadillaharsa.id

Mungkin Anda juga menyukai